Geliat Pariwisata Lombok Dengan Event MotoGp Mandalika Selama Pandemi Covid-19

sewa mobil lombok
Tips Menghindari Virus Covid-19 Saat Di Dalam Mobil Rental Dengan Aman Dan Nyaman
March 19, 2021
Rekomendasi Tempat Hits Di Pulau Lombok
March 27, 2021

Pandemi covid-19 telah meluluh lantahkan sektor ekonomi khususnya di bidang jasa pariwisata yang ada di Indonesia. Terlebih dengan adanya pandemic ini, banyak merubah tatanan kehidupan yang tidak seperti biasanya. Hal ini berpengaruh terhadap pola kehidupan yang berlangsung terutama antusias masyarakat untuk berwisata/berpergian ke suatu tempat menjadi berkurang serta tidak jarang untuk tetap selalu berdiam diri di rumah. Dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah menjadikan keinginan untuk dapat menikmati liburan harus ditunda dahulu karena pemerintah mewajibkan masyarakat untuk selalu mematuhi protocol kesehatan terlebih untuk selalu berdiam diri di rumah (stay at home).

Semakin mengganasnya virus corona ini yang hingga kini lebih dari setahun menghantam seluruh bangsa, menjadikan semua orang akan lebih berpikir keras untuk keluar dari kondisi keterpurukan akibat dampak yang ditimbukan ini. Dengan adanya virus corona mengharuskan untuk para pebisnis lebih cepat beradaptasi serta melakukan innovasi sehingga bisa bertahan dalam mengarungi bisinis yang dijalankannya.

Dampak ekonomi yang sangat terasa berimbas terhadap sektor jasa pariwisata di Indonesia lebih khusus di pulau Lombok. Pandemi covid-19 ini memaksa semua elemen untuk lebih giat mengkampanyekan gerakan mematuhi protocol kesehatan terutama bagi mereka yang sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan kata lain, pelaku usaha di bidang pariwisata harus lebih cepat mengatur siasat untuk beradaptasi guna menerapkan perilaku patuh terhadap protocol kesehatan yang berlaku.

Pulau Lombok yang dikenal dengan berbagai macam keindahan alam maupun budaya yang terdapat didalamnya menjadikan daya tarik tersendiri untuk dapat dikunjungi wisatawan baik itu domestic maupun wisatawan mancanegara. Sehingga mau tidak mau untuk segera bergegas mengatur strategi untuk memulihkan kondisi pariwisata. Dibandingkan kondisi kunjungan wisatawan sebelum pandemi ini, ribuan wisatawan berbondong – bondong  datang berkunjung akan tetapi selama pandemic kunjungannya pun signifikan menurun.

Lombok di uji bukan hanya pada saat pandemi berlangsung, ketika itu juga terlebih dahulu di hantam bencana alam gempa bumi yang menyebabkan kunjungan wisatawan pun turun. Dengan kata lain, pariwisata Lombok di guncang 2 kali musibah yang menyebabkan dampak ekonomi pada sektor bisnis jasa pariwisata. Jadi cobaan yang dialami pelaku pariwisata di Lombok terasa lebih menyedihkan dibanding daerah lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah maupun stockholder terkait pun mengatur strategi untuk dapat memulihkan kunjungan wisatawan kembali yang tetap berbasis pada penerapan protocol kesehatan. Terkait dengan strategi tersebut, pulau Lombok kini memiliki big project untuk dapat merangsang kunjungan wisatawan kembali, salah satunya dengan menggiatkan event sport tourism.

Giat event terbesar serta sudah mulai dilaksanakan yakni perhelatan akbar event MotoGp Mandalika yang akan dilaksanakan di pulau Lombok pada tahun 2021 ini. Dengan adanya event MotoGp Mandalika ini diharapkan akan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan lebih besar lagi serta dapat memulihkan perekonomian di pulau Lombok.

Progress pembangun sirkuit serta sarana pendukung event motogp ini sudah mulai terlihat. Selain itu juga dari pihak penyelenggara pun sudah mengeluarkan jadwal untuk pelaksanaan event tersebut. Dengan giatnya promosi event ini, diharapkan mampu memberikan informasi terhadap khalayak banyak.

Sebagai upaya untuk dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung ke daerah mandalika ini, pemerintah beserta pihak – pihak terkait telah mempersiapkan sejumlah fasilitas penunjang. Salah satunya yakni akomodasi yang akan dibangun sepanjang jalan dari bandara hingga menunju akses pantai kuta di kawasan ekonomi khusus (KEK) mandalika.

Selain itu pemerintah juga telah mempersiapkan sumber daya manusianya (SDM) yang lebih mempuni untuk bersiap menyongsong perhelatan motogp mandalika tersebut. Karena hingga saat ini, kebutuhan SDM yang mempuni sangat besar untuk kelayakan menjamu wisatawan maupun para team pembalap motogp ini.

Semoga dengan adanya pergelaran event motogp mandalika ini akan dapat membuat perubahan terhadap perekonomian pelaku wisata maupun berbagai pihak terkait. Serta kesiapan penyelenggaraan event ini akan segera terealisasikan, baik dari segi fasilitas penunjang maupun promosi yang massif dilaksanakan sebaik mungkin sehingga tidak akan terdapat permasalahan yang akan timbul dikemudian hari.

Jangan lupa untuk anda sebagai wisatawan segera mempersiapkan diri, waktu, dan anggaran sehingga dapat dengan maksimal berlibur ke pulau Lombok sekalian menyaksikan pergelaran event motogp mandalika ini. Akan ada banyak paket wisata Lombok yang akan di organize oleh lokal operator tour maupun agency travel lainnya di luar pulau Lombok untuk dapat memanjakan anda memilih paket wisata sesuai dengan keinginan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat